JADI, BELAJAR UNTUK HIDUP ATAU HIDUP UNTUK BELAJAR ?

By Syifa Aulia - Februari 23, 2019


Berpikir Kritis


"Belajar Untuk Hidup" atau "Hidup Untuk Belajar" 




   Belajar Untuk Hidup atau Hidup Untuk Belajar merupakan dua frasa yang tampak serupa tapi sebenarnya tak sama. Belajar Untuk Hidup memiliki maksud seseorang lebih memprioritaskan belajar sebagai sarana untuk bertahan hidup , sedangkan kebalikannya yaitu Hidup Untuk Belajar memiliki arti lebih mengutamakan hidupnya untuk belajar.

   Manusia akan memilih salah satu frasa tersebut sebagai opini nya yang mana menurutnya lebih baik karena sifat dan prinsip yang dimilikinya. Namun , jika ditelisik lebih jauh arti dari dua frasa tersebut ,entah apakah itu akan mengubah opini dan prinsip setiap orang.

   Jika kita telisik lebih jauh dan teliti , untuk makna dari frasa "Belajar Untuk Hidup" seperti kita belajar untuk memperoleh hidup ,terdengar memaksa ? Kemudian makna untuk frasa "Hidup Untuk Belajar"adalah kita belajar untuk memahami ,mempelajari , dan memaknai hidup. Apa pernyataan tersebut dapat mengubah opini dan prinsip Anda ?

   Sebenarnya frasa "Belajar Untuk Hidup" dan "Hidup Untuk Belajar" memiliki keterkaitan sendiri dalam hal pandangan hidup. Namun, pandangan dan prinsip hidup manusia saja yang membuatnya hanya akan memilih satu. Tapi hal itu kembali pada pilihan pandangan ,opini ,dan prinsip hidup masing - masing orang.

   Jadi , apa pilihanmu "Belajar Untuk Hidup" atau "Hidup Untuk Belajar" ?


                                                                                     
                                                                                                             - SYIFA AULIA -

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar