5 Negara Termuda di Dunia , Ada Yang Kurang Dari 10 Tahun !

By Syifa Aulia - Maret 05, 2019

5 Negara Termuda di Dunia 

   Di tahun 2019 ini , Indonesia sudah memiliki usia yang cukup matang , yakni akan berusia 74 tahun . Ada banyak negara - negara yang usianya lebih tua dari Indonesia . Ada juga beberapa negara yang usiaya jauh lebih muda dari Indonesia . Inilah 5 negara termuda di dunia :


1. SUDAN ( 6 TAHUN )



   Dulunya, salah satu negara termuda di dunia yang terletak di benua Afrika ini merupakan bagian dari Republik Sudan. Setelah terjadi perang saudara, Sudan Selatan memutuskan untuk memisahkan diri dari Sudan pada Juli 2011. Secara resmi, Sudan Selatan merdeka pada 9 Juli 2011. Negara ini dihuni oleh sekitar 12 juta jiwa.


2. KOSOVO ( 9 TAHUN)





   Kemerdekaan Kosovo yang dideklarasikan pada 17 Februari 2008 belum diakui oleh Serbia. Serbia merupakan negara yang pernah menguasai Kosovo. Selain Serbia, PBB pun belum menyetujui Kosovo untuk menjadi negara. Walaupun begitu, negara yang terletak di benua Eropa ini telah diakui sebagai negara oleh Albania, Amerika Serikat, Perancis, Britania Raya, dan Turki.


3. MONTENEGRO ( 11 TAHUN )



   Pada tahun 1991, setelah Yugoslavia runtuh, muncul sebuah negara bernama Serbia and Montenegro. Di tahun 2006, Montenegro melepaskan diri dari Serbia and Montenegro karena 50% warganya ingin Montenegro berdiri sendiri. Akhirnya, tanggal 3 Juni 2006, Montenegro menjadi sebuah negara yang beribukotakan Podgorica. Nggak heran kan kalau negara ini jadi salah satu negara termuda di dunia.


4. SERBIA ( 11 TAHUN )




   Menyambung penjelasan sebelumnya, saat Montenegro melepaskan diri dari Serbia and Montenegro, secara otomatis Serbia juga ikut mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara. Berselang dari deklarasi Montenegro, 5 Juni 2006, Serbia menjadi negara baru yang menjadikan Belgrade sebagai ibukota.


5. TIMOR LESTE ( 15 TAHUN )




    Timor Leste pernah bergabung dengan Indonesia. Saat itu, namanya adalah provinsi Timor Timur. Pada 20 Mei 2002, Timor Leste lepas dari Indonesia. Banyak pro dan kontra terkait lepasnya negara ini dari Indonesia. Setelah merdeka, negara yang dihuni 1,2 juta jiwa ini menjadikan Dili sebagai ibu kota negara.





Sumber :

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar