Mengenal Sirius , Si Bintang Paling Terang Di Langit

By Syifa Aulia - Maret 13, 2019


Mengenal  Sirius ,
Bintang Paling Terang di Langit


   Karena merupakan bintang paling terang , sirius sering kali dijuluki sebagai bintang paling terang . Nama Sirius berasal dari bahasa Yunani yaitu Seirios yang artinya menyala-nyala. Cahaya bintang ini sangat terang jika dilihat dari bumi dan merupakan bintang yang paling terang dari semua bintang yang ada di langit malam. Karena paling terang, Siriussering dijuluki Anjing Besar .


Kembaran Bintang Sirius


   Ternyata Sirius ini mempunyai bintang kemarannya , lho . Pada tahun 1862 , seorang astronom bernama Alvan Graham Clark menemukan kembaran dari Sirius yang dinamakan Sirius B. Namun ternyata Sirius B merupakan bintang kecil yang sudah tidak bersinar lagi . Hal ini ditemukan setengah abad setelahnya oleh para astronom di Los Angeles, California. Karena ada Sirius B,Sirius yang sering kita lihat disebut juga Sirius A.


Mengenai Bintang Sirius


   Sirius terletak di rasi bintang Canis Major yang berjarak 8,6 tahun cahaya dari Bumi . Bintang ini dapat dilihat di semua tempat di Bumi kecuali di Kutub Utara . Sirius A memiliki massa dua kali lebih besar dari Matahari . Sirius A juga memiliki suhu permukaan sekitar 10.000 derajat Celcius, hampir dua kali lebih panas dari matahari . Namun karena jaraknya jauh dari Bumi , Sirius tidak terlihat sebesar dan sepanas Matahari .





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar