Pesona Candi Borobudur

By Syifa Aulia - Maret 16, 2019


Pesona Candi Borobudur


Candi Borobudur merupakan candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra, merupakan monumen Budha termegah di dunia. Karena kemegahan dan keagungannya, candi yang dibangun pada abad ke-8 ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia (world heritage)
Hampir semua wisatawan luar negeri yang berkunjung ke Jogja mengincar Candi Borobudur sebagai destinasi utama mereka. Begitu juga untuk wisatawan domestik, rasanya gimana ya kalau tinggal di Indonesia apalagi di pulau Jawa tapi seumur hidup belum pernah ke Candi Borobudur .
Bayangkan saja, di jaman serba manual tanpa bantuan komputer maupun alat canggih, Candi ini mampu dibangun dari batu kali dan semuanya tersusun rapi dengan sistem interlock (saling mengunci satu sama lain). Belum lagi kehebatan arsiteknya yang mampu memahat 2672 panel relief secara berkesinambungan. Konon kalau panel relief tersebut disusun secara berjajar akan memiliki panjang 6 kilometer!

Saat kamu mengunjungi Borobudur, kamu bisa berjalan kaki mengitari candi ini secara pradaksina (berputar searah jarum jam) seperti yang dilakukan para peziarah zaman dulu. Dari tingkat pertama berjalan ke kiri kemudian baru naik ke tingkat selanjutnya, begitu terus hingga mencapai puncak. Hal hal yang perlu kamu ketahui sebelum ke candi Borobudur :
  • Lokasi candi sangat luas dan harus ditempuh dengan berjalan kaki, kamu akan mudah kelelahan apalagi saat siang hari dengan cuaca yang sangat panas. Tips nya, pakailah alas kaki yang nyaman berupa sandal atau flat shoes dan sunglass. Jangan kenakan high heels atau wegdes supaya kaki tidak kesakitan.
  • Gak usah bawa banyak barang!
  • Bawalah payung atau topi sebagai pelindung diri dari teriknya sinar matahari.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Borobudur adalah di pagi hari saat Borobudur baru buka atau sore hari saat menjelang sunset. Selain matahari tidak terlalu menyengat, pada jam-jam tersebut kondisi Borobudur tidak terlalu ramai sehingga kamu bisa mengambil gambar lebih leluasa.



Sumber :


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar