Arti Dari Nama 9 Planet Tata Surya

By Syifa Aulia - Maret 14, 2019


Arti Dari Nama 9 Planet Tata Surya


   Seperti yang kita tahu , planet – planet di tata surya diberi nama sesuai dengan nama dewa – dewi romawi . Oleh karena itu , disini khusus untuk menjelaskan mengenai nama dan arti dari planet – planet di tata surya . Berikut penjelasannya :

1. Merkurius

   Merkurius = Hermes . Hermes sendiri adalah dewa pembawa kabar dan petunjuk memiliki kecepatan yang luar biasa . Sesuai dengan planet ini yang memiliki masa orbit paling cepat .

2. Venus


   Venus = Aphrodite . Aphrodite merupakan dewi kecantikan dan cinta . Kenapa aphrodite ? Itu karena planet Venus sangat indah saat dilihat di bumi , dan juga planet ini memiliki sebutan bintang kejora .

3. Bumi


   Bumi = Gaia . Gaia adalah istri dari Uranus , seorang dewi alam semesta serta kehidupan  . Planet Bumi diketahui memiliki kehidupan . Untuk nama Bumi / Earth , tidak diambil dari nama dewa – dewi romawi . Earth berasal dari bangsa Eropa . Sedangkan , Gaia adalah sebutan untuk Bumi dari Yunani .

4. Mars


   Mars = Ares . Dalam mitologi romawi , Ares adalah dewa perang yang identik dengan darah sesuai warna planet ini . Menurut legenda , memiliki dua anak dari Venus , yaitu Phobos dan Deimos .

5. Yupiter / Jupiter


   Yupiter = Zeus . Zeus adalah dewa petir , raja dari segala dewa . Karena itulah , planet yang merupakan planet terbesar di tata surya ini dinamakan Yupiter .

6. Saturnus

   Saturnus = Kronos . Kronos adalah dewa pertanian , ayah dari Yupiter . Belum jelas mengapa dinamakan ini sesuai planet nya . Ada yang berkata itu karena orbit yang lambat ( tua ) .

7. Uranus


   Uranus adalah suami dari dewi Gaia yang merupakan dewa langit , ayah dari Saturnus . Itu karena warna planet ini mirip dengan warna langit di Bumi .

8. Neptunus


   Neptunus = Poseidon yang merupakan dewa Laut , sesuai dengan warna planet ini yang seperti lautan .

9. Pluto


   Pluto = Hades adalah dewa kehancuran dan kematian , dinamakan ini sesuai dengan planetnnya ( kerdil ) , karena jaraknya yang jauh dan dingin .


Sumber :

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar